Air Terjun Takapala yang masih berada dalam kawasan Malino. Satu kawasan dengan Malino hikghlands. Lokasi ini adalah salah satu air terjun yang paling sering dikunjungi oleh para pengunjung kawasan dataran tinggi malino.

Air Terjun Takappala setinggi 109 meter, pesona indah sulawesi selatan
Air terjun Takapala.

Kawasan sekitar air terjun khas dengan suasana pedesaan yang asri serta dikelilingi pepohonan yang menyelimuti perbukitan. Dikelilingi perbukitan khas dataran tinggi dan rerimbunan hutan, membuat suasana di air terjun ini semakin sejuk dan asri.

Tinggi Air Terjun Takapala mencapai 109 meter dengan debit air yang sangat besar. Terlebih lagi di kala musim hujan datang. Curahan air dengan volume besar tersebut, secara alami membentuk sebuah kolam yang dapat digunakan pengunjung untuk berenang dan bermain air.

Saat bermain air di kolam alami ini, pengunjung harus tetap waspada akan tekanan air dari dasar kolam yang cukup kuat. Di atas kolam juga tak jarang terlihat biasan air yang membentuk pelangi.

Seusai bermain air menikmati segar curahan air di Air Terjun Takapala, pengunjung dapat langsung istirahat. Menghangatkan badan dengan memesan segelas teh atau kopi hangat. Sekaligus dengan ditemani sepiring pisang goreng hangat. Makanan dan minuman itu bisa dipesan di warung pinggir aliran sungai.

pelangi di kaki air terjun takapala, akibat pembiasan caaya surya oleh kabut air percikan
Pelangi di Kabut Takapala.

Lokasi Air Terjun Takapala

Air terjun Takapala berada di Desa Bontolerung, Tinggimoncong, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. Lokasi ini hanya berjarak 6 km saja dari Kota Malino

Rute Menuju Air Terjun Takapala

Rute untuk mencapai lokasi air terjun takapala, bisa ditempuh dengan kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum.

Untuk pengguna kendaraan pribadi, bisa mengandalkan kegunaan dari aplikasi Maps. Lokasi ini dekat perkotaan, sehingga maps nya sudah terdata cukup baik oleh aplikasi.

Bagi yang ingin menggunakan kendaraan umum, bisa mulai berangkat dari terminal Mallengkeri, Makassar. Ambil jurusan ke Terminal Sungguminasa dan lanjutkan perjalanan dengan angkot menuju Malino.

Jam Buka Air Terjun Takapala

Untuk menikmati keindahan air terjun takapala, pengunjung bisa datang pada jam 08.00 sampai jam 17.00.

Lingkungan aier terjun takapala di dataran tinggi malindo yang Asri dan hijau
Lingkungan yang asri.

Tiket Air Terjun Takapala

Pengunjung cukup mengeluarkan uang tiket Rp 3.000 untuk bisa masuk kawasan Air Terjun Takapala.

Dengan harga yang begitu murah, pengunjung sudah bisa menikmati keindahan alam dan kesejukan udara sekitar Air Terjun Takapala.

Fasilitas di Air Terjun Takapala

Fasilitas di kawasan wisata Air terjun Takapala ini lumayan lengkap. Terdapat area parkir memadai dan beragam pilihan warung makan.

Bagi yang ingin bermalam, tersedia penginapan dengan harga lumayan terjangkau. Pengunjung yang membawa keluarga besar,  jika membutuhkan akomodasi lebih luas, bisa menyewa villa.

Aktivitas Menarik di Air Terjun Takapala

Ada berbagai macam jenis aktivitas menyenangkan yang bisa dilakukan pengunjung di Air Terjun Takapala. Semua kegiatan mulai dari hiking berburu foto, mandi-mandi dan kegiatan lainnya.

Foto instagramable dengan latar belakang air terjun takapala
Foto-foto di air terjun takapala.
  1. Hiking Tanpa Sengaja

Kenapa kami sebut ini hiking tanpa sengaja, karena hiking ini sebenarnya adalah perjalanan menuju lokasi air terjun takapala. Namun karena keindahan yang ditawarkan oleh pengalaman ini, maka perjalanan bagaikan sebuah paket wisata hiking.

Sampai di area wisata Air Terjun Takapala, pengunjung memiliki dua pilihan untuk menjangkau lokasi air terjun. Pengunjung yang tak ingin letih, bisa langsung memilih memarkir kendaraan di dekat lokasi air terjun. Namun, pengunjung yang suka perjalanan kaki di alam asri bisa memilih menyusuri jalan setapak yang sudah dilengkapi tangga.

Tangga tersebut tak terlalu curam, tetapi jumlahnya yang cukup banyak. Hal ini membuat pengunjung mesti menyiapkan energi untuk bisa melewati. Bekal air putih setidaknya cukup untuk mengurangi dahaga di tengah perjalanan.

Meski terasa sedikit menguras keringat, tetapi menyusuri jalan setapak ini akan memberikan pengalaman berbeda. Ada sensasi lebih “nendang’ dibanding naik kendaraan dan langsung sampai di lokasi air terjun.

Di sepanjang lintasan jalan kaki ini, di kanan kiri tangga tersaji hamparan pohon rindang. Sesekali terdengar cuitan burung berpadu irama desis angin.

  1. Pesona Air Terjun
Air terjun takapala setinggi 109 meter yang mempesona
Pesona Air Terjun Takapala.

Usai melewati tangga jalan setapak yang indah, gemericik suara air terjun mulai terdengar dan sesekali tempiasnya akan membasahi wajah. Rasa lelah perjalanan menyususri ratusan anak tangga segera terbayar lunas dengan melihat pesona Air Terjun Takapala.

Air terjun ini berada di sisi barat Gunung Lompobattang-Bawakaraeng. Aliran airnya sangat deras mengucur dari ketinggian lebih dari 109 meter. Debit airnya yang cukup besar  itu  memicu terbentuk lubang batuan berbentuk kolam alami di bawah air terjun. Kolam alami ini yang bisa digunakan untuk bermain air dan berenang.

Selain itu, pesona  Air Terjun Takapala juga tampak dari tebingnya yang berbentuk pilar-pilar atau kolom-kolom. Dalam istilah geologi, struktur batuan yang berbentuk pilar atau kolom itu disebut columnar joint. Struktur batuan ini terbentuk karena proses pedinginan lava magma Gunung Lombobattang yang muncul di permukaan tanah di masa silam.

Jika pengunjung beruntung, pengunjung bahkan bsia mendapat bonus pemandangan pelangi di ketinggian beberapa puluh meter dari kaki air terjun. Pelangi ini terbentuk dari pembiasan matahari oleh percikan air terjun yang sangat banyak. Saking banyaknya, percikan itu berbentuk seperti kabut.

  1. Berenang Di Kolam Alami
Air terjun takapala yangs egar, anak anakpun menikmati lokasi ini
Belajar renang. Image via:

Kolam alami yang ada di bawah air terjun takapala sungguh merupakan tempat berenang yang sangat menyegarkan. Meskipun air di laguna ini cukup dingin, namun tak menghalangi niat pengunjung untuk terjun dan berenang. Kolam alami ini memiliki kontur yang tidak merata. Ada bagian yang dangkal, namun ada pula yang cukup dalam.

Bebatuan yang ada di sisi air terjun begitu mengagumkan. Bisa turun ke bawah untuk mandi namun tidak disarankan berenang hingga ke bagian tengah karena terkadang batu bisa jatuh kapan saja. Selain soal batu jatuh, larangan masuk terlalu jauh juga karena menghindari tekanan air.

Tekanan air oleh air terjun setinggi 100 meter sangat besar. Jika salah mengambil posisi di bawah air dan tertekan di bawah guyuran, bisa kesulitan untuk naik ke permukaan. Namun tidak perlu khawatir, area berbahaya itu sangat kecil dibandingkan keseluruhan luas kolam ini. Lagi pula peringatan itu hanya efektif saat musim hujan, dimana debit air sangat besar.

  1. Gua Di Balik Air Terjun
GUa alami di balik tirai air takapala
Gua di Balik Tirai Air.

Waktu kecil mungkin kita masih ingat akan film power rangers atau pendekar silat, yang memiliki markas rahasia di Gua rahasia. Gua rahasia mereka berada di belakang sebuah air terjun. Mengenang kisah itu, rasanya sungguh sebuah tempat imajinasi yang misterius. Tapi itu bukan imajinasi. Air terjun Takapala memiliki Goa Belakang Air terjun.

Di area ini, air terjun ditampung oleh kolam kecil. Di situ juga terdapat bebatuan vulkanik dengan ukuran yang cukup besar. Ada yang unik dari batuan dinding tebing di belakang air terjun. Ada gua pendek di sana.

Bagi yang suka tantangan, bisa juga coba menjelajah goa di balik air terjun. Untuk mendapatkan pengalaman lebih, cobalah mencari goa yang berada dibalik air terjun. Gua ini sangat pendek, namun berada di balik tirai air terjun. Memberikan sensasi tersendiri untuk Anda yang gemar bermain air.

Tentu saja untuk sampai ke gua ini, Anda harus basah dan menyeberangi kolam kecil tersebut. Acara berbasah-basah akan lebih seru dengan mengunjungi gua yang ada di belakang air terjun ini.  Tempat ini sangat cocok untuk berfoto-foto.

  1. Mengambil Foto Cantik
foto cantik dengan latarbelakang indahnya air terjun takapala
Spot foto cantik.

Karena kita hidup di jamannya selfie, kegiatan satu ini nampaknya adalah kegiatan wajib ketika datang ke sebuah lokasi wisata.

Untuk yang suka selfie tidak perlu khawatir, sebab di Lembah Hijau Malino ini setiap sudutnya adalah tempat asyik untuk berselfi. Sehingga, Anda akan mendapatkan ragam background foto yang lebih bagus dan menarik.

Spot foto favorit di lokasi ini tentu adalah titik dimana air terjun bisa terlihat sebanyak mungkin sebagai latar belakang foto.

Para pemburu foto selfie maupun difotoin dengan pose cantik tidak akan pernah mati gaya saat berada di tempat ini. Apalagi yang punya kamera anti air, maka hasil yang didapatkan juga akan lebih bagus, sebab bsia mengambil foto fi dekat air terjun.

Kalau mengambil foto dengan HP yang tidak water resistance atau kamera biasa, sebaiknya menjaga jarak dari air terjun. Banyaknya titik air yang beterbangan di udara yang bisa saja merusak gadget jika tak hati-hati.

Tingginya Air terjun Takapala di sulawesi Selatan
Tingginya air terjun.

Objek Wisata Dekat Air Terjun Takapala

Air terjun Takapala lokasinya sangat dekat dengan kebun teh Malino highlands. Keduanya hanya terpisah jarak 6 km saja. Pengunjung yang selesai berwisata di air terjun ini pada sore hari, bisa melanjutkan ke malino highlands. Untuk bisa menikmati keindahan suasana malam hari di café atas buktinya.

Bagi yang ingin mencoba air terjun lain, yang tidak terlalu tinggi, bisa mencoba lanjut ke air terjun ketemu jodoh. Air terjun ini hanya berjarak kurang dari 1 km dari air terjun takapala. Ada legenda jika memanjatkan doa enteng jodoh di tempat ini, akan cepat terkabul.

Demikian cerita kami soal air terjun takapala. Jika Anda merencanakan untuk mengunjungi Malino bersama teman perjalanan, pastikan untuk sejenak singgah di Air Terjun Takapala. Kesejukan dan keasriannya akan membuat Anda dan teman jalan betah berlama-lama bermain air di air terjun ini

Source :
https://www.nativeindonesia.com/air-terjun-takapala/