Salah satu obyek wisata menarik yang pastinya akan selalu kamu jumpai di Indonesia adalah pantainya, keindahan pantai yang ada disini memang tak main-main, mengingat dari ujung barat menuju timur ada ratusan wisata pantai yang ditawarkan kepada Anda, semuanya memiliki nilai keunikan tersendiri, bisa dijadikan sebagai pilihan untuk membunuh waktu senggang atau sekedar melepas penat. Nah siapa bilang bahwa wisata menarik berupa pantai hanya dapat kamu jumpai di Pulau Bali atau Lombok saja, nyatanya pulau Bangka juga tawarkan hal tersebut.

Tepatnya adalah berada di kawasan pantai gusung, disini ada sebuah pantai yang hiasan alamnya adalah batu granit, tentunya tak semua pantai memiliki hal tersebut, sepanjang mata memandang kamu hanya akan disuguhkan dengan pemandangan air laut dan juga bebatuan yang ada di sepanjang jalur tersebut menyerupai sebuah tembok. Kawasan wisata yang satu ini memang cukup unik. Mengingat jika umumnya perpaduan paling serasi dari sebuah wisata pantai adalah pasirnya yang putih maka disini tidak, kamu justru akan menemukan batu-batu granit dengan warna coklat dan air laut nan biru, nah justru inilah yang menjadi daya tariknya.

Namun jangan khawatir bagi kamu yang mengidam-idamkan untuk melihat pantai eksotis dengan pasir berwarna putih, karena hanya di bagian barat saja yang memiliki hamparan batu, untuk kawasan yang ada di bagian timur tetap disajikan dengan pasir putih bersama dengan air laut nan biru menenangkan. Nantinya ada 2 buah gazebo yang dapat kamu jadikan sebagai tempat beristirahat setelah cukup lelah melakukan perjalanan, pemandangan alam nan eksotis ini biasanya dijadikan sebagai obyek menarik bagi para fotografer . kamu juga dapat menjumpai sebuah jembatan jika ingin lebih dekat lagi dengan laut maka dapat mengarunginya.

Tak kalah dengan itu satu pemandangan menarik yang nantinya juga akan tertatap oleh indera mata Anda adalah bebatuan raksasa yang diberi nama sebagai Tanjung Barikat, nah ini juga yang banyak membuat orang-orang penasaran untuk melihatnya. Kawasan laut yang ada di depannya sendiri bukan laut nan berbahaya dengan ombak yang tinggi, justru sebaliknya, ia cukup tenang dan menjadi salah satu jalur utama perdagangan, banyak kapal-kapal yang berlalu lalang di laut China tersebut sehingga di kawasan sekitar juga mendirikan sebuah Mercusuar.

Berdiri dengan kokoh dan juga menambah indah pemandangan saja, nah kamu juga dapat main-main kesini, namun untuk naik diperlukan tenaga yang besar mengingat Mercusuar tersebut sangat tinggi dan hanya bisa dinaiki dengan anak tangga saja, dari bagian atas nantinya kamu akan melihat pemandangan di bawah yang jauh lebih indah lagi. Selama berada disini kamu juga dapat bermain-main di perkampungan sekitar, masyarakat desa batu beriga ini terbilang welcome dan ramah untuk menyambut datangnya wisatawan.

Mereka terkadang mengajak Anda untuk mengobrol bahkan tak jarang menceritakan kisah mengapa nama desa tersebut merupakan Batu Beriga. Batu Beriga merupakan nama yang diberikan karena memang kawasan yang ada di daerah tersebut mudah sekali menjumpai sekumpulan batu Geranit, berasal dari kata Batu Beriga sendiri yang memiliki makna berupa bebatuan yang tersusun dengan sangat cantik, itulah mengapa mereka menyebut desa ini sebagai Batu Beriga.

Tanya jawab Anda tentunya tak hanya sampai saja, asal kamu tau bahwa sebenarnya kawasan tersebut juga memiliki nilai sejarah yang sangat tinggi, ada sebuah hutan yang sangat kental akan nilai mistisnya, disana terjadi tumpah darah antara warga daerah melawan penjajahan Belanda.