klikwisata.id – Momen yang paling banyak ditunggu banyak orang ketika berpuasa adalah momen ketika berbuka puasa. Biasanya menu berbuka identik dengan kolak, es buah, es teler, dan menu lainnya. Nah, untuk kamu yang ingin mencari menu lain untuk berbuka puasa. Berikut ada beberapa rekomendasi kuliner yang cocok dinikmati saat berbuka puasa, diantaranya adalah:

1. Kerak Telor, Jakarta

Kerak Telor merupakan kuliner khas Betawi asli yang sudah cukup terkenal ke seluruh pelosok nusantara. Bahan utama untuk membuat kuliner ini adalah beras ketan putih, telur ayam, ebi dan bawang merah goreng. Bumbu – bumbu yang digunakan pun cukup khas sehingga menghasilkan rasa yang lezat dan nikmat. Biasanya kuliner ini bisa kamu temukan di acara – acara yang bertemakan Betawi dan dijual oleh penjual nya dengan menggunakan dua tempat yang dipikul. Namun ada yang unik ketika memasak kerak telor yaitu wajan yang digunakan akan dibalikkan oleh penjualnya saat kerak telor dalam keadaan setengah matang.

2. Kicak, Yogyakarta

Setiap bulan puasa tiba, di Yogyakarta tepatnya di Kampung Kauman terdapat pasar sore yang tidak pernah sepi oleh pengunjung. Disini  kamu bisa menemukan berbagai macam kuliner khas yang pas untuk disajikan saat berbuka, namun ada salah satu kuliner khas yang tak boleh dilewatkan yaitu Kicak. Bahan utama kudapan ini adalah ketan yang sudah ditumbuk halus lalu diberi tambahan gula, parutan kelapa, nangka, dan vanili agar menambah cita rasa yang khas. Bahan – bahan tersebut dicampur menjadi satu ketika dikukus. Setelah jadi, Kicak diberi taburan kelapa agar menambah cita rasa yang gurih dan nikmat saat dimakan apalagi ditambah dengan aroma nangka dan pandan. Kicak bisa kamu temukan pada saat Bulan Ramadhan tiba seperti sekarang ini, harganya pun cukup terjangkau.

3. Bubur Chachak, Bangka

Kuliner selanjutnya yang bisa dijadikan untuk menu buka puasa adalah Bubur Chachak yang merupakan bubur khas Bangka. Bentuknya yang cukup menarik sehingga saat melihat tampilan bubur ini mengundang selera siapa saja yang ingin memakannya. Isi bubur ini tergolong lengkap seperti ubi, sagu mutiara bahkan ada kacang – kacangan nya. Tampilannya menarik dengan warna ungu, kuning, dan hijau sehingga mengundang selera siapa saja untuk menyantapnya. Warna – warni isian bubur itu terbuat dari ubi jalan biru, labu kuning, sirsak, dan pandan hijau. Ciri khas bubur ini adalah isiannya dipotong dadu kecil lantas dimasak dengan air gula merah. Bila suka bisa diberi tambahan santan.

4. Lemang, Lampung

Dari sekian banyak makanan yang dapat ditemukan selama bulan Ramadan di Lampung, ada satu kudapan yang wajib kamu coba: lemang. Lemang digemari banyak warga Lampung karena rasanya gurih. Juga sifatnya yang mengenyangkan seperti halnya memakan kue lemper atau nasi putih. Rasa gurih yang berasal dari santan berpadu beras ketan. Aroma daun pisang yang dibakar di dalam ruas bambu juga menjadi citarasa khas tersendiri dari hidangan ini.

5. Es pisang hijau, Makassar

Foodies tentu tak asing dengan nama es yang satu ini sebab sudah ada di berbagai tempat di tanah air. Citarasanya yang manis, menjadi pilihan kenapa banyak orang memilih berbuka dengan es pisang hijau. Tambahkan es serut, jajanan ini akan menebas dahagamu setelah berpuasa seharian.

6. Serabi, Solo

Termasuk jajanan tradisional, kudapan ini terbuat dari tepung beras dicampur santan dan dimasak di atas arang mirip panekuk. Citarasanya gurih dan manis. Biasanya sih diberi taburan potongan pisang, nangka, meses, hingga keju sebagai varian.

7. Kracak, Banyumas

Selain berburu kolak dan es buah, warga Banyumas punya tradisi berburu olahan keong sawah alias kracak sebagai santapan berbuka. Rasanya, benar – benar nikmat, kenyal, dan mirip kerang rebus dengan aneka bumbu yang meresap sempurna. Bumbu itu terdiri dari serai, daun salam, laos, kunir, bawang, kemiri, garam, dan cabai yang dihaluskan lantas dicampurkan dengan keong yang sudah dicuci bersih. Yang membuat kudapan ini semakin unik adalah cara memakannya yang langsung disedot dari cangkangnya.

secure disini