klikwisata.id – Berbagai destinasi wisata bisa kamu temukan di Pasuruan seperti salah satu nya adalah Taman Safari Prigen yang terletak di Desa Jatiarjo, Prigen, Pasuruan, Jawa Timur. Nah, setelah puas berkunjung ke Taman Safari Prigen maka tak ada salahnya perjalanan kamu selanjutnya diisi dengan berwisata kuliner. Mau tahu apa saja kuliner khas Pasuruan yang bisa kamu nikmati? Simak ulasannya berikut ini ya!

1. Lontong Kupang

Lontong atau ketupat rasanya sudah tak asing lagi terdengar di telinga masyarakat Indonesia. Bisa dibilang makanan tersebut merupakan cara menyantap nasi dengan versi yang berbeda bahkan terkadang lontong lebih nikmat dibandingkan jika mengkonsumsi nasi. Di banyak kota terdapat lontong yang diolah menjadi kuliner khas nya seperti Lontong Kupang khas Pasuruan ini. Kupang adalah sejenis kerang laut yang berwarna cokelat pucat dan biasanya banyak ditemukan di pesisir pantai utara Jawa Timur. Kupang ini bisa diolah menjadi berbagai macam hidangan seperti Lontong Kupang, Sate Kerang, Pelasan Kupang, dan lain sebagainya. Untuk seporsi Lontong Kupang berisi potongan lontong, kupang, lentho, kuah petis, dan perasan jeruk nipis, yang disantap bersama sate kerang.

2. Rawon Pasuruan

Untuk kamu yang sudah pernah ke Kota Pasuruan pasti tak asing dengan kuliner khas nya yang satu ini yaitu Rawon Pasuruan. Saat ini kamu bisa menemukan kuliner ini dimana pun kamu berada bahkan di luar pulau sekali pun. Resep rawon khas Pasuruan ini sangat istimewa karena bahan utamanya menggunakan daging sandung lamur dan lutut sapi. Sama seperti rawon pada umumnya, Rawon Pasuruan ini juga memiliki kuah berwarna hitam dan gelap. Warna hitam tersebut dihasilkan dari kluwek sebagai penambah rasa gurih sekaligus pewarna kaldu. Selain kluwek ada juga bumbu – bumbu lainnya yang ditambahkan seperti bawang merah, bawang putih, lengkuas, dan lain sebagainya agar tercipta rasa yang sangat khas. Tak lupa juga saat disajikan ditambah dengan tauge kecil, daun bawang, kerupuk udang agar menambah citarasa yang khas.

3. Nasi Punel

Nasi Punel merupakan salah satu kuliner khas Bangil yang bisa kamu jadikan sebagai menu sarapan di pagi hari. Kuliner ini memiliki tekstur lembut, pulen serta ditambah dengan aneka macam lauk dalam satu sajian sungguh sangat memanjakan lidah saat menikmatinya. Nasi Punel ini disajikan di atas piring yang beralaskan daun pisang dan di atas nasi tersebut diberi taburan serundeng serta dilengkapi dengan sate kerang, lentho/menjeng, irisan daging, irisan daging dan kikil serta parutan kelapa diberi santan yang diberi bumbu agak manis dan dikukus.

4. Klepon Pasuruan

Klepon merupakan salah satu kuliner khas Pasuruan yang bisa dijadikan sebagai oleh – oleh saat berkunjung ke Jawa Timur. Kue basah ini dibuat secara tradisional dan banyak dijajakan di sepanjang Jalan Raya Gempol. Tekstur kuliner ini cukup kenyal dan berisi gula Jawa serta diberi taburan kelapa di atasnya. Klepon sangat identik dengan warna hijau, namun kini kamu bisa menemukan klepon dengan berbagai macam rasa seperti durian, melon, strawberry, dan masih banyak lagi.

5. Cenil Pasuruan

Cenil adalah salah satu jajanan yang terbuat dari tepung tapioka dan memiliki bentuk bulat memanjang serta berwarna cerah seperti merah muda, hijau, dan lain sebagainya. Cenil banyak ditemukan di daerah Apollo – Gempol dan sekitar jalur Gempol – Pasuruan. Dalam penyajiannya, cenil dan klepon tak beda jauh yaitu sama – sama diberi taburan kelapa parut di atasnya.

secure disini