klikwisata.id – Berbuka puasa adalah salah satu momen yang paling ditunggu setelah seharian penuh menahan haus, lapar, dan dahaga. Ada tantangan tersendiri saat menyiapkan menu berbuka puasa yang bervariasi agar tak bosan dengan menu berbuka yang itu – itu saja. Nah, salah satu menu yang wajib ada saat berbuka adalah aneka minuman segar untuk melepaskan dahaga. Selain mengatasi rasa haus, ternyata minuman manis tersebut dapat mengembalikan energi kamu setelah seharian berpuasa. Berikut ada beberapa minuman pelepas dahaga yang pas dijadikan sebagai menu berbuka. Mau tahu apa saja? Simak ulasannya berikut ini ya!

1. Es Cendol

Salah satu minuman tradisional khas Indonesia yang cocok dijadikan sebagai menu berbuka adalah Es Cendol. Rasanya yang manis perpaduan antara gula merah, santan dan tepung beras (atau yang biasa di sebut cendol) dengan es membuat rasanya semakin nikmat dan segar. Minuman satu ini sudah ada sejak jaman dahulu dan biasanya banyak dijual di pinggir – pinggir jalan.

2. Es Kelapa Muda

Es Kelapa Muda memang sangat menyegarkan untuk berbuka puasa. Selain memiliki rasa yang manis dan lezat, kandungan buah kelapa muda juga mampu mengembalikan kondisi tubuh setelah seharian berpuasa. Tidak hanya air kelapa mudanya saja yang berguna mengembalikan metabolisme tubuh dan mencegah dehidrasi secara alami, daging kelapa muda yang rasanya manis dan lembut ini juga bermanfaat sekali untuk tubuh kita. Kandungan elektrolit pada air kelapa muda dapat mengatasi rasa haus dan mengembalikan cairan tubuh setelah terhidrasi. Kandungan lauric acid pada daging kelapa juga dapat membantu melindungi tubuh dari infeksi virus dan penyakit.

3. Es Sop Buah

Ini dia menu es yang populer sebagai menu minuman berbuka puasa beberapa tahun terakhir. Es sop buah terdiri dari buah-buahan seperti semangka, buah naga, alpukat, semangka, nanas, stroberi dan buah tropis lainnya. Kandungan vitamin di dalamnya mampu mengembalikan kebutuhan nutrisi pada tubuhmu.

4. Es Cincau

Es Cincau merupakan salah satu minuman segar yang umumnya menggunakan jelly ataupun agar – agar sebagai bahan utamanya. Jelly atau agar – agar tersebut terbuat dari cincau yang berwarna hitam atau hijau. Cincau sendiri memiliki khasiat baik untuk kesehatan yaitu mengembalikan fungsi metabolisme tubuh dan melancarkan pencernaan. Biasanya es cincau ini diberi campuran santan, gula merah atau selasih. Bahkan ada yang mencampurkan sebagai tambahan es capuccino cincau.

5. Es Campur

Namanya juga es campur, isian nya pun campur – campur ada buah – buahan, tape, kolang – kaling, kacang merah, es, sirup, dan susu sebagai pelengkapnya. Selain segar, kamu juga akan mendapatkan manfaat dari setiap komponen buah-buahan dan kacang-kacangan yang kaya vitamin.

secure disini