Sebagai Perbandingan kebijakan baru dari Kerajaan Arab Saudi ini saya komparasi kan dengan ulasan dari Skyscanner tentang masalah masa berlaku PASPOR pada saat kunjungan ke beberapa Negara, simak yah !

Pernahkah Anda bertanya mengapa untuk keluar negeri masa berlaku paspor haruslah minimum 6 bulan, bahkan lebih? Bagaimana jika Anda tetap berangkat meski masa berlaku paspor Anda kurang dari itu? Baca ulasan ini!

Baca Juga

Kenapa harus 6 bulan?

Banyak yang mengatakan bahwa ketentuan ini didasarkan pada masa berlaku visa paling lama yang mungkin diterima oleh seseorang atau diberikan oleh suatu negara, sehingga orang tersebut masih bisa kembali ke negara asalnya dengan paspor yang masih berlaku. Tidak ada sumber pasti mengenai hal ini karena pada kenyataannya Anda bisa mendapatkan visa Australia dengan masa tinggal hingga 12 bulan.

Benarkah harus 6 bulan?

Tidak, pada kenyataannya justru tak sedikit negara yang mewajibkan masa berlaku paspor selama minimum 12 bulan untuk bisa masuk ke wilayahnya (contohnya negara yang baru saja memberlakukan aturan ini yaitu Australia), minimum 3 bulan sejak meninggalkan wilayahnya (contohnya visa Schengen melalui Belanda), bahkan hanya selama paspor masih berlaku pada periode tinggal di negaranya yaitu Amerika Serikat melalui kerja sama antar negara dalam program 

Bagaimana jika paspor di bawah 6 bulan dan tetap ingin pergi?

Kebijakan mengenai masa berlaku minimum paspor sepenuhnya tergantung pada kebijakan di negara tujuan. Jika negara tujuan Anda berada di dalam wilayah ASEAN, memang sangat disarankan untuk memiliki paspor dengan masa berlaku minimum 6 bulan, meski banyak pihak yang tidak bermasalah saat ke Singapura. Mereka mengatakan bahwa masa berlaku minimum paspor turis Indonesia untuk ke Singapura adalah 3 bulan.

Lalu bagaimana sebaiknya?

Cek ke kedutaan besar negara tujuan Anda mengenai kebijakan masa berlaku paspor yang mereka persyaratkan, karena Anda tentu tidak ingin tertahan di pihak imigrasi apabila ternyata masa berlaku paspor Anda tidak memenuhi ketentuan. Selain masalah yang mungkin muncul di imigrasi kedatangan, tak jarang juga pihak imigrasi Indonesia, bahkan maskapai, menolak Anda untuk boarding jika masa berlaku paspor kurang dari 6 bulan, meskipun Anda sudah memegang visa yang valid. Bagi maskapai hal ini wajar mengingat bahwa mereka terikat pada peraturan bahwa mereka wajib mengangkut penumpang yang ditolak masuk oleh suatu negara apabila muncul permasalahan terkait masa berlaku paspor ini.

Oleh karena itu untuk kelancaran perjalanan Anda, kami sarankan agar Anda memiliki masa berlaku paspor minimal 6 bulan, lebih baik lagi bila minimal 1 tahun, sebelum melakukan perjalanan ke luar negeri. Sedia lah payung sebelum hujan.

Itulah ulasan kami mengenai kewajiban masa berlaku paspor minimal untuk mengunjungi suatu negara. Dengan demikian, sekarang Anda sudah siap untuk liburan.