klikwisata.id – Pulau Bintan cukup terkenal dengan salah satu pantainya yakni Pantai Trikora. Lokasi nya berada di Desa Malang Rapat, Kecamatan Gunung Kijang, Pulau Bintan atau lebih tepatnya berada sekitar 45 km ke arah timur dari Kota Tanjung Pinang. Pantai ini menjadi 4 bagian yaitu Trikora 1, Trikora 2, Trikora 3 dan Trikora 4.

Keindahan alam yang sangat mempesona membuat obyek wisata ini banyak dikunjungi oleh para wisatawan mulai dari wisatawan lokal hingga wisatawan mancanegara.  Keindahan alam berupa hamparan pasir putih yang membentang dan dibalut dengan biru nya air laut membuat para wisatawan terpesona dengan keindahannya. Pantai ini juga disebut – sebut sebagai salah satu obyek wisata pantai yang paling indah di Pulau Sumatera yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan.

Hal menarik yang bisa kamu temukan di pantai ini adalah Barisan Kelong yaitu sebuah bangunan kayu yang digunakan untuk menempatkan jaring di tengah – tengah laut. Kelong ini biasanya diletakkan pada drum plastik yang mengapung di permukaan laut. Hal menarik lainnya yang bisa kamu temui adalah adanya Gua Santa Maria yang berada di seberang pantai dan dibangun oleh para pengungsi Vietnam yang mencari tempat aman karena adanya perang di negara mereka.

Di sekitar Gua Santa Maria ditumbuhi pepohonan besar dengan dedaunan rindang yang menggantung di mulut gua dan membuatnya terlihat semakin indah. Di sekitar gua juga tumbuh Bunga Bougenvil yang cantik dan ada jua di dekat gua tersebut yang bisa digunakan untuk berdo’a secara khusyuk.

Berbagai aktivitas yang bisa kamu lakukan selama berkunjung ke Pantai Trikora adalah menangkap ikan dengan menggunakan kelong atau bisa juga memancing pada malam hari untuk mendapatkan ikan yang lebih banyak. Setelah puas menjelajahi Pantai Trikora jangan lupa untuk singgah di kawasan Sungai Enam yang menjadi salah satu tempat favorit para wisatawan saat berkunjung kesana.

Untuk kamu yang menyukai seafood dapat mencoba kuliner khas dari Sungai Enam yang dimana bahan utamanya menggunakan Gonggong. Gonggong merupakan hewan semacam siput yang memiliki ras mirip cumi – cumi dengan ukuran lebih besar dari siput lainnya. Cara penyajiannya biasanya gonggong di rebus kemudian dinikmati bersama sambal kacang.

secure disini